SERANG – Program Studi Sistem Informasi Universitas Pamulang (Kampus Kota Serang) menyelenggarakan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM Dosen) bertajuk “Kelas Kreatif AI Canva untuk Siswa” di SMAN 1 Lebak Wangi. Selasa, (30 September 2025).
Kegiatan dipimpin Ketua PkM: Bapak Anjar Setiawan, S.Kom., M.Kom. bersama Anggota: Bapak Andi Romansyah, S.Kom., M.Kom. Narasumber utama adalah Bapak Anjar Setiawan, S.Kom., M.Kom. didampingi mahasiswa: Dimas Arya Pratama, Delta Valerian Plasma, Raffael Armando Hardi Susanto, Retsal Radinda NurHakim, dan Rifky Januarhadi.
Inti Kegiatan yakni sesi pelatihan memadukan paparan singkat dan praktik langsung (learning by doing) mengenai:
– AI di Canva: Magic Write, Magic Design, Text-to-Image untuk membuat poster, presentasi, dan materi visual pembelajaran.
– Kreativitas & etika: cara menulis prompt yang efektif, orisinalitas karya, atribusi, dan hak cipta.
– Kolaborasi & revisi: kerja tim, umpan balik terstruktur, dan publikasi karya siswa.
Ketua PkM sekaligus narasumber Anjar Setiawan, S.Kom., M.Kom., mengatakan
Pemahaman AI di ruang kelas bukan sekadar mengikuti tren, tetapi menumbuhkan kreativitas siswa.
“Pemahaman AI di ruang kelas bukan sekadar mengikuti tren, tetapi menumbuhkan kreativitas, etika, dan literasi informasi. Siswa perlu tahu kapan dan bagaimana memanfaatkan AI secara bertanggung jawab,” ujar Anjar.
Antusiasme peserta terlihat dari diskusi interaktif dan praktik membuat desain berbasis prompt. Mahasiswa pendamping membantu satu per satu, memastikan setiap siswa membawa pulang artefak desain dan daftar best practices untuk penerapan di tugas-tugas sekolah.
Dampak dan Harapan program ini menghasilkan modul praktik singkat, contoh prompt aman, serta panduan hak cipta/atribusinya. Diharapkan siswa menjadi produsen konten yang kreatif, cakap digital, dan berintegritas, serta menjadi agen perubahan literasi digital di lingkungan sekolah dan masyarakat.
Penyelenggara kegiatan ini dilaksanakan oleh Prodi Sistem Informasi Universitas Pamulang (Kampus Serang) sebagai komitmen kampus menjembatani keilmuan dengan kebutuhan nyata di sekolah, khususnya pemanfaatan AI secara etis dan produktif.